Desain Pembelajaran Model Dick & Carry, Kemp, Kemp & Dick, dan PPSI

| Rabu, 09 April 2014
Desain Pembelajaran Model Dick & Carry, Kemp, Kemp & Dick, dan PPSI

Dick And Carrey
1.      Mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran
2.      Melakukan analisis pembelajaran
3.      Mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik masukan
4.      Merumuskan tujuan performansi
5.      Mengembangkan butir-butir tes acuan patokan
6.      Mengembangkan strategi pembelajaran
7.      Mengembangkan dan memiliki materi pembelajaran
8.      Mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif
9.      Merevisi bahan pembelajaran
10.  Mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif

Model Desain Instruksional Menurut Kemp
1.      Menentukan topik dan tujuan instruk. Umum
2.      Menentukan Karakter siswa
3.      Menentukan tujuan instruk. Khusus (learning objective)
4.      Menentukan materi pelajaran (objec content)
5.      Menentukan pre- test
6.      Menentukan KBM dan sumber/ alat (Koordinasi sarana pendukung)
7.      Evaluasi

Model Kombinasi Kemp dan Dick
1.      Identifikasi Topik dan TIU, Identif. Kemampuan  awal, Analisis Instruksional
2.      Menulis TIK
3.      Mengembangkan Tes
4.      Menentukan Materi
5.      Memilih sumber dan mengembangkan
6.      Menggembangkan Metode
7.      Evaluasi Formatif
8.      Evaluasi Sumatif

Model  PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional)
1.    PERUMUSAN TUJUAN
Merumuskan TIK (4 kriteria), Catatan 4 kriteria TIK:
  1. Istilah operasional
  2. Hasil Belajar
  3. Berbentuk tingkah laku
  4. Hanya satu jenis tingkah laku
2.      PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI
·      Menentukan jenis tes
·      Menyusun tes / butir tes  

3.      KEGIATAN BELAJAR
·      Merumuskan kemungkinan KBM(Alternatif, yang tidak perlu, akan di tempuh)

4.      PENGEMB. PROG. KEGIATAN
·      Merumuskan materi pelajaran.
·      Metode/ Alat
·      Menyusun jadwal

5.      PELAKSANA
·      pre test
·      Menyampaikan
·      Post test
·      Perbaikan


Comments
0 Comments

0 komentar:

Next Prev
▲Top▲